Belajar Memasang Parabola
Untuk melihat pesawat televisi dengan hasil gambar yang baik, seseorang perlu memasang antena yang sesuai, dan antena yang pas adalah antena parabola.......bagaimana cara memasangnya ikuti terus blog ini....yuk sama-sama berlatih...
Sabtu, 14 Januari 2017
Kamis, 06 Oktober 2016
Pengertian dan definisi flowchart
Pengertian dan Definisi Flowchart
Flowchart atau Bagan alir adalah bagan (chart) yang menunjukkan alir (flow)
di dalam program atau prosedur sistem secara logika. Bagan alir (flowchart)
digunakan terutama untuk alat bantu komunikasi dan untuk dokumentasi.
Jenis jenis Flowchart
Ada beberapa jenis flowchart diantaranya:
- Bagan alir sistem (systems flowchart).
- Bagan alir dokumen (document flowchart).
- Bagan alir skematik (schematic flowchart).
- Bagan alir program (program flowchart).
- Bagan alir proses (process flowchart).
System Flowchart
System flowchart dapat didefinisikan sebagai bagan yang menunjukkan
arus pekerjaan secara keseluruhan dari sistem. Bagan ini menjelaskan
urut-urutan dari prosedur-prosedur yang ada di dalam sistem. Bagan alir
sistem menunjukkan apa yang dikerjakan di sistem.
Document Flowchart
Bagan alir dokumen (document flowchart) atau disebut juga bagan alir formulir (form flowchart) atau paperwork flowchart merupakan bagan alir yang menunjukkan arus dari laporan dan formulir termasuk tembusan-tembusannya.
Schematic Flowchart
Bagan alir skematik (schematic flowchart)
merupakan bagan alir yang mirip dengan bagan alir sistem, yaitu untuk
menggambarkan prosedur di dalam sistem. Perbedaannya adalah, bagan alir
skematik selain menggunakan simbol-simbol bagan alir sistem, juga
menggunakan gambar-gambar komputer dan peralatan lainnya yang
digunakan. Maksud penggunaan gambar-gambar ini adalah untuk memudahkan
komunikasi kepada orang yang kurang paham dengan simbol-simbol bagan
alir. Penggunaan gambar-gambar ini memudahkan untuk dipahami, tetapi
sulit dan lama menggambarnya.
Program Flowchart
Bagan alir program (program flowchart) merupakan bagan yang menjelaskan secara rinci langkah-langkah dari proses program. Bagan alir program dibuat dari derivikasi bagan alir sistem.Bagan alir program dapat terdiri dari dua macam, yaitu bagan alir logika program (program logic flowchart) dan bagan alir program komputer terinci (detailed computer program flowchart). Bagan alir logika program digunakan untuk menggambarkan tiap-tiap langkah di dalam program komputer secara logika. Bagan alat- logika program ini dipersiapkan oleh analis sistem. Gambar berikut menunjukkan bagan alir logika program. Bagan alir program komputer terinci (detailed computer program flow-chart) digunakan untuk menggambarkan instruksi-instruksi program komputer secara terinci. Bagan alir ini dipersiapkan oleh pemrogram.
Process Flowchart
Bagan alir proses (process flowchart) merupakan bagan alir yang banyak digunakan di teknik industri. Bagan alir ini juga berguna bagi analis sistem untuk menggambarkan proses dalam suatu prosedur.Simbol dan Notasi Flowchart
Dipakai sebagai alat Bantu menggambarkan proses di dalam program. Dan dibagi menjadi tiga kelompok :♦ Flow Direction Symbols ♦
dipakai untuk menggabungkan antara symbol yang satu dengan symbol lainnyaSymbol Off-line Connector ( Simbol untuk keluar/masuk prosedure atau proses dalam lembar/halaman yang lain)
Symbol Connector (Simbol untuk keluar/masuk prosedur atau proses dalam lembar/halaman yang sama)
♦ Processing symbols ♦
Menunjukkan jenis operasi pengolahan dalam suatu prosedur
Symbol Process (Simbol yang menunjukkan pengolahan yang dilakukan oleh komputer)
Symbol Manual Operation (Simbol yang menunjukkan pengolahan yang tidak dilakukanoleh komputer)
Symbol Decision (Simbol untuk kondisi yang akan menghasilkan beberapa kemungkinan jawaban/aksi)
Symbol Predefined Process (Simbol untuk mempersiapkan penyimpanan yang akan digunakan sebagai tempat pengolahan di dalam storage)
Symbol Terminal (Simbol untuk permulaan atau akhir dari suatu program)-
Symbol Off-line Storage (Simbol yang menunjukkan bahwa data di dalam symbol ini akan disimpan)
-
Symbol Manual Input (Simbol untuk pemasukan data secara manual on-line keyboard)
Symbol Keying Operation (Simbol operasi dengan menggunakan mesin yang mempunyai keyboard)
♦ Input-output symbols ♦
menyatakan jenis peralatan yang digunakan sebagai media input atau output.
Symbol input-output (Symbol yang menyatakan proses input dan output tanpa tergantung dengan jenis peralatannya)
Symbol magnetic-tape unit (Symbol yang menyatakan input berasal pita magnetic atau output disimpan ke pita magnetic)
-Symbol punched card (Symbol yang menyatakan input berasal dari kartu atau output ditulis ke kartu)-
Symbol disk and on-line storage (Symbol untuk menyatakan input berasal dari disk atau output disimpan ke disk)
Symbol display (Symbol yang menyatakan peralatan output yang digunakan yaitu layar, plotter, printer, dan sebagainya)
Symbol dokumen (symbol yang menyatakan input berasal dari dokumen dalam bentuk kertas atau output dicetak ke kertas)
Pedoman Membuat Flowchart
Bila seorang analis dan programmer akan membuat flowchart, ada beberapa petunjuk yang harus diperhatikan, seperti:- Flowchart digambarkan dari halaman atas ke bawah dan dari kiri kekanan.
- Aktivitas yang digambarkan harus didefinisikan secara hati-hati dan definisi ini harus dapat dimengerti oleh pembacanya.
- Kapan aktivitas dimulai dan berakhir harus ditentukan secara jelas.
- Setiap langkah dari aktivitas harus diuraikan dengan menggunakan deskripsi kata kerja
- Setiap langkah dari aktivitas harus berada pada urutan yang benar.
- Lingkup dan range dari aktifitas yang sedang digambarkan harusditelusuri dengan hati-hati. Percabangan-percabangan yang memotong aktivitas yang sedang digambarkan tidak perlu digambarkan pada flowchart yang sama. Simbol konektor harus digunakan dan percabangannya diletakan pada halaman yang terpisah atau hilangkan seluruhnya bila percabangannya tidak berkaitan dengan sistem.
- Gunakan simbol-simbol flowchart yang standar.
Contoh-contoh Flowchart
Contoh Flowchart Program
Belajar Arduino
Peprogram arduino menggunakan bahasa c, adapun perintahnya
adakah:
void setup() {
// semua kode yang disini akan dibaca sekali oleh Arduino
}
void loop() {
//semua kode yang ada disini akan dibaca berulang kali (terus menerus) oleh Arduino
}
// semua kode yang disini akan dibaca sekali oleh Arduino
}
void loop() {
//semua kode yang ada disini akan dibaca berulang kali (terus menerus) oleh Arduino
}
Semua kode program yang ada dalam void setup akan dibaca sekali oleh Arduino. Biasanya isinya berupa kode perintah untuk menentukan fungsi pada sebuah pin. Contoh kodenya seperti:
pinMode(13, OUTPUT);
// menentukan pin 13 sebagai OUTPUT
pinMode(3, INPUT); // menentukan pin 3 sebagai INPUT
pinMode(3, INPUT); // menentukan pin 3 sebagai INPUT
Adapun untuk komunikasi antara Arduino dengan komputer, menggunakan:
Serial.begin(9600);
// untuk komunikasi Arduino dengan komputer
Semua kode program yang ada di void loop akan dibaca setelah void setup dan akan dibaca terus menerus oleh Arduino. Isinya berupa kode-kode perintah kepada pin INPUT dan OUTPUT pada Arduino. Contoh kodenya seperti:
digitalWrite(13, HIGH);
//untuk memberikan 5V (nyala) kepada pin 13.
digitalWrite(13, LOW); //untuk memberikan 0V (mati) kepada pin 13.
analogWrite(3, 225); //untuk memberikan nilai 225 (setara dengan 5V) kepada pin 3.
digitalWrite(13, LOW); //untuk memberikan 0V (mati) kepada pin 13.
analogWrite(3, 225); //untuk memberikan nilai 225 (setara dengan 5V) kepada pin 3.
Adapun untuk menampilkan nilai pada sebuah sensor di Serial Monitor, bisa menggunaka:
Serial.print(namasensor);
//menampilkan nilai sensor yang disimpan di
variabel nama sensor
Untuk menampilkan teks, bis menggunakan:
Serial.print("Selamat Datang"); //menampilkan teks Selamat Datang pada Serial Monitor
Dan untuk membuka Serial Monitor sendiri pada Arduino, bisa dengan memilih menu Tools kemudian pilih Serial Monitor. Atau dengan menekan kombinasi CTRL+SHIFT+M di keyboard. Atau bisa juga dengan meng-klik ikon Kaca Pembesar di Arduino, seperti gambar dibawah ini:
- - - - -
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
- - - - - - - - - -
MARI
BAHAS LEBIH DETAIL LAGI!
CATATAN PADA PROGRAM
Kamu bisa membuat catatan pada program dan tidak akan dibaca oleh Arduino, dengan cara mengetikan // kemudian mengetikan catatannya, seperti:
Kamu bisa membuat catatan pada program dan tidak akan dibaca oleh Arduino, dengan cara mengetikan // kemudian mengetikan catatannya, seperti:
void loop()
{
// catatan pada baris ini tidak akan dibaca oleh program
}
// catatan pada baris ini tidak akan dibaca oleh program
}
Tapi pemakaian tanda // hanya berfungsi untuk catatan satu baris saja, jika kamu ingin membuat catatan yang panjang yaitu berupa paragraf. Maka pertama kamu ketikan /* lalu ketikan catatan kamu, dan jika sudah selesai tutup dengan kode */ . Contohnya seperti:
void loop()
{
/* apapun yang kamu mau ketikan disini tidak
akan dibaca oleh program
sepanjang apapun kamu mengetiknya
*/
}
/* apapun yang kamu mau ketikan disini tidak
akan dibaca oleh program
sepanjang apapun kamu mengetiknya
*/
}
KURUNG KURAWAL {}
Digunakan untuk menentukan awal dan akhir dari program. Karena seperti bahasa pemrograman pada umumnya, Arduino membaca mulai dari atas hingga kebawah.
void loop()
{
....program
....program
....program
}
{
....program
....program
....program
}
TITIK KOMA ;
Setiap baris kode pada Arduino harus diakhiri dengan tanda ;
void setup(){
pinMode(13, OUTPUT);
}
void loop(){
digitalWrite(13, HIGH);
}
pinMode(13, OUTPUT);
}
void loop(){
digitalWrite(13, HIGH);
}
VARIABLES
Variabel adalah kode program yang digunakan untuk menyimpan suatu nilai pada sebuah nama. Yang biasa digunakan diantaranya adalah Integer, Long, Boolean, Float, Character.
int (integer)
Variabel yang paling sering digunakan dan dapat menyimpan data sebesar 2 bytes (16 bits).
long (long)
Biasa digunakan jika nilai datanya lebih besar dari integer. Menggunakan 4 bytes (32 bits).
boolean (boolean)
Variabel yang hanya menyimpan nila TRUE dan FALSE saja. Hanya menggunakan 1 bit saja ;)
float(float)
Digunakan untuk floating point pada nilai decimal. Memory yang digunakan 4 bytes (32 bits).
char(character)
Menyimpan character berdasarkan ASCII kode (contoh: 'A'=65). Menggunakan 1 byte (8 bits).
OPERATOR MATEMATIKA
Digunakan untuk memanipulasi nilai dengan perhitungan matematika sederhana seperti: penjumlahan, pengurangan, sama dengan, dan sebagainya.
= (sama dengan) (contoh x=10*2 (x sekarang jadi 20))
% (persentase) (contoh 12%10 (hasilnya yaitu 2))
+ (penambahan)
- (pengurangan)
* (perkalian)
/ (pembagian)
OPERATOR PERBANDINGAN
Digunakan untuk melakukan perbandingan secara logika.
== (sama dengan) contoh: 15 == 10 FALSE atau 15 == 15 TRUE
!= (tidak sama dengan) contoh: 15 != 10 TRUE atau 15 != 15 FALSE
< (lebih kecil dari) contoh: 15 < 10 FALSE atau 12 < 14 TRUE
> (lebih besar dari) contoh: 15 > 19 TRUE atau 15 > 10 FALSE
STRUKTUR PENGENDALI
Program yang digunakan untuk menentukan sebuah kondisi, dan jika kondisinya sudah terpenuhi maka akan melaksanakan perintah yang sudah ditentukan. Dan saat tidak memenuhi kondisinya juga ada perintah yang dilaksanakan oleh Arduino.
if(kondisi A)
{
Kode Perintah A
}
else if(kondisi B)
{
Kode Perintah B
}
else
{
Kode Perintah C
}
{
Kode Perintah A
}
else if(kondisi B)
{
Kode Perintah B
}
else
{
Kode Perintah C
}
Pertama Arduino akan lihat Kondisi A. Jika terpenuhi, maka akan melaksanakan Kode Perintah A.
Tapi jika TIDAK, Arduino akan lihat Kondisi B. Jika terpenuhi, maka akan melaksanakan Kode Perintah B.
Tapi jika TIDAK juga, maka Arduino akan melaksanakan Kode Perintah C.
for(int i = 0; i <
#repeats; i++)
{
Kode Perintah
}
{
Kode Perintah
}
Kode diatas digunakan saat kita ingin mengulangi kode atau nilai dalam beberapa kali. Penjelasan detailnya nanti akan dibahas ketika mencoba membuat projek, biar lebih mudah dipahami, OK. ;)
KODE DIGITAL
Digunakan untuk pemrograman yang menggunakan Pin Digital pada Arduino.
pinMode( pin, mode);
Kode diatas digunakan untuk seting mode pin. Pin adalah nomer pin yang akan digunakan, kalo kamu pake Arduino Uno, pin Digitalnya dari 0-13. dan mode sendiri bisa berupa INPUT atau OUTPUT.
Contoh:
pinMode(13, OUTPUT); // artinya pin 13 digunakan sebagai OUTPUT
pinMode(7, INPUT); // artinya pin 7 digunakan sebagai INPUT
pinMode(7, INPUT); // artinya pin 7 digunakan sebagai INPUT
Dan seperti yang sudah saya bilang untuk kode pinMode itu ada didalam void setup.
digitalRead(pin);
Kode diatas digunakan pin INPUT, untuk membaca nilai sensor yang ada pada pin. Dan nilainya hanya terbatas pada 1 (TRUE), atau 0 (FALSE).
Contoh:
digitalRead(13); //
artinya kode akan membaca nilai sensor pada pin 13
Kode digitalRead kita masukan dalam void loop.
digitalWrite(pin, nilai);
Kode diatas digunakan untuk pin OUTPUT yang sudah kita seting apakah akan diberikan HIGH (+5V), atau LOW (Ground).
Contoh:
digitalWrite(13, HIGH); // artinya pin 13 kita diberi tegangan +5V
digitalWrite(13, LOW); // artinya pin 13 kita diberi tegangan 0 / Ground
digitalWrite(13, LOW); // artinya pin 13 kita diberi tegangan 0 / Ground
Dan untuk kode digitalWrite tentu saja kita masukan dalam void loop.
analogWrite(pin, nilai);
Meskipun Arduino adalah perangkat digital, tapi kita masih bisa menggunakan fungsi Analognya pada pin Digital Arduino. Tapi hanya beberap pin saja, yang biasa kita sebut PWM (Pulse With Modulation). Pada Arduino Uno memiliki 6 pin PWM, yaitu: 3,5,6,9, 10, dan 11.
Dengan begini nilai yang dihasilkan menjadi bervariasi dari 0-225, itu setara dengan 0-5V.
Contoh:
analogWrite(3, 150); //
artinya pin 3 diberikan nilai sebesar 150
Dan untuk kode analogWrite juga kita masukan dalam void loop.
KODE ANALOG
Kode analog ini digunakan ketika ingin menggunakan pin Analog pada Arduino. Untuk Arduino Uno pin Analog dari A0-A5. Dan karena ini pin Analog maka hanya bisa kita gunakan sebagai INPUT saja. Dan juga tidak perlu menulis pinMode pada void setup.
analogRead(pin);
Kode diatas digunakan untuk membaca nilai pada sensor Analog. Yaitu antara 0-1024.
Contoh:
analogRead(A0); //
artinya kode akan membaca nilai sensor pada pin AO.
CATATAN: Kode dalam Arduino adalah Case Sensitive. Maksudnya penggunaan huruf kecil atau huruf besar sangat berpengaruh.
Senin, 13 Juni 2016
1. Sebutkan dua macam batrai.........
2. Batrai AA mempunyai tegangan .......
3. Sebutkan bagian-bagian batrai kering 1,5 V .....
4. Pada batrai basah (aki), terdapat tulisan low level dan hight level merupakan batas . . .
5. Sebutkan perbedaan batrai kering dan batrai basah (AKI)....
6. Batrai kering 12 V, terdapat tulisan MF, artinya ......
7. Sebutkan keuntungan - batrai kering .........
8. Setiap sel batrai pada dasarnya dirangkai secara . . .
9. Sebutkan 4 bahan pembuat batrai . . .
10. Sebutkan 4 macam ukuran batrai 1,5 V . . .
Kamis, 19 Mei 2016
Pentingnya Memperhatikan Anak KITA............!!!
Kisah Inspiratif...........
Suatu ketika hari yang ditunggu-tunggu bagi siswa, karena hati itu adalah pembagian catatan hasil belajar selama satu semester, ya pembagian buku RAPOT, karena menginginkan adanya komunikasi dengan orang tua siswa/wali maka sekolahpun mewajibkan orang tua wali yang mengambil buku Raport.
Kalau sekolah favorit, tentunya yang mengambilkan banyak yang menggunakan mobil pribadi sampai kendaraan mewah lainya. Pada hari itu sebagai seorang walikelas tentunya menginginkan pembagian secara bersama dan diputuskan jam 09.00 pagi, ternyata salah satu orang tua siswa belum berangkat, akhirnya ditunggu beberapa saat, ternyata penantiannya pun membuahkan hasil, orang tua siswa yang ditunggu pun akhirnya datang, walaupun tidak sama dengan orang tua siswa yang lainnya, orang tua siswa ini terlihat masih menggunakan pakaian kerja sebagai tukang bangunan. tapi ternyata putranya bapak tukang bangunan itulah yang menjadi siswa teladan dan memperoleh predikat terbaik, akhirnya orang tua siswa tadi dipersilahkan untuk membagikan pengalamannya kenapa putranya bisa menjadi yang terbaik.
dengan bahasa seadanya, beliaupun mulai menyapa seisi kelas, " assalamu'alaikum, nuwunsewu kulo niki namung tiyang kode bangunan, alhamdulillah putra kulo saged rengking, mboten kulo sing ngajari namung saking bapak lan ibu, guru dados matur nuwun bapak lan ibu guru. nek teng griyo bade sinau kulo selalu ngancani teng sampingipun,"
(Assalamu'alaikum, mohon maaf saya mempunyai pekerjaan kuli bangunan, alhamdulillah anak saya bisa berprestasi, tidak saya yang membelajari tapi bapak dan ibu guru, jadi terimakasih kepada bapak dan ibu guru. Kalau dirumah mau belajar saya selalu nemani aak saya disampingnya.
Masya Alloh........hanya menyempatkan menemani anak belajarpun siswa menjadi berprestasi, apalagi kalau kita mau membantu, bagaimana dengan kita sebagai orang tua?? semoga kita dapat menjadi orang tua yang bertanggungjawab. amin.....................
Selasa, 03 Mei 2016
Nikmati kemudahan menyaksikan display kualitas prima dengan EZcast M2, 3in1 Miracast, Airplay and DLNA HDMI WIFI Display Receiver Dongle yang satu ini. Ezcast menawarkan WiFi adapter yang dapat menampilkan display berkualitas HDMI. Anda dapat menyetel DLNA, Miracast, hingga Airplay melalui tablet maupun ponsel tanpa dipersulit kabel.
Mudah Digunakan
Perangkat adapter ini begitu mudah digunakan. Anda dapat langsung menghubungkannya ke televisi ataupun proyektor melalui slot HDMI saja dan sambungkan ke tablet/ponsel/komputer Anda; dan tampilan kualitas HD dapat segera Anda nikmati.
Optimalisasi Streaming
Perangkat EZcast kali ini hadir berbasiskan Android 4.2 Jelly Bean. OS ini memungkinkan optimalisasi koneksi saat streaming hingga menghasilkan kualitas audio-visual yang jernih dan tajam layaknya perangkat aslinya.
Kualitas Video HD
Kualitas sambungan terbaik menghasilkan kualitas display dan suara terbaik pula. Putar video Full HD di TV melalui EZcast M2 dari ponsel Anda dan dapatkan display yang jernih dengan warna yang tajam layaknya video aslinya. Dengan kualitas Video HD, manjakan mata Anda dengan display yang menawan.
Tanpa Ribet
Adapter sambungan ini sangat praktis dan nyaman. Perangkat yang bebas dari kabel membuat Anda dapat memutar video di monitor dengan mudah tanpa terikat panjang kabel. Cukup biarkan ponsel cerdas atau pun tablet yang melakukannya untuk Anda!
Perangkat adapter ini begitu mudah digunakan. Anda dapat langsung menghubungkannya ke televisi ataupun proyektor melalui slot HDMI saja dan sambungkan ke tablet/ponsel/komputer Anda; dan tampilan kualitas HD dapat segera Anda nikmati.
Optimalisasi Streaming
Perangkat EZcast kali ini hadir berbasiskan Android 4.2 Jelly Bean. OS ini memungkinkan optimalisasi koneksi saat streaming hingga menghasilkan kualitas audio-visual yang jernih dan tajam layaknya perangkat aslinya.
Kualitas Video HD
Kualitas sambungan terbaik menghasilkan kualitas display dan suara terbaik pula. Putar video Full HD di TV melalui EZcast M2 dari ponsel Anda dan dapatkan display yang jernih dengan warna yang tajam layaknya video aslinya. Dengan kualitas Video HD, manjakan mata Anda dengan display yang menawan.
Tanpa Ribet
Adapter sambungan ini sangat praktis dan nyaman. Perangkat yang bebas dari kabel membuat Anda dapat memutar video di monitor dengan mudah tanpa terikat panjang kabel. Cukup biarkan ponsel cerdas atau pun tablet yang melakukannya untuk Anda!
Senin, 25 Mei 2015
INDONESIA ORIGINAL
The new innovation ...... ..Made in Nations Children
INDONESIA ORIGINAL .................. .
Seeing the reality of the field, where many street crossings
only modest use of traffic signs , it is unthinkable to make innovation
traficlight remote control cars , traffic lights and which can be moved by
remote control .
Langganan:
Postingan (Atom)
SEKOLAH KEDINASAN
Pengertian Sekolah Kedinasan Hal pertama yang perlu kamu ketahui bahwa sekolah kedinasan, sekolah ikatan dinas, dan perguruan tinggi kedinas...
-
Pengertian Sekolah Kedinasan Hal pertama yang perlu kamu ketahui bahwa sekolah kedinasan, sekolah ikatan dinas, dan perguruan tinggi kedinas...