Kamis, 06 Oktober 2016

Belajar Arduino

Peprogram arduino menggunakan bahasa c, adapun perintahnya adakah:
void setup() {
// semua kode yang disini akan dibaca sekali oleh Arduino
}

void loop() {
//semua kode yang ada disini akan dibaca berulang kali (terus menerus) oleh Arduino
}

Semua kode program yang ada dalam void setup akan dibaca sekali oleh Arduino. Biasanya isinya berupa kode perintah untuk menentukan fungsi pada sebuah pin. Contoh kodenya seperti:
pinMode(13, OUTPUT);               // menentukan pin 13 sebagai OUTPUT
pinMode(3, INPUT);                   // menentukan pin 3 sebagai INPUT

Adapun untuk komunikasi antara Arduino dengan komputer, menggunakan:
Serial.begin(9600);                      // untuk komunikasi Arduino dengan komputer

Semua kode program yang ada di void loop akan dibaca setelah void setup dan akan dibaca terus menerus oleh Arduino. Isinya berupa kode-kode perintah kepada pin INPUT dan OUTPUT pada Arduino. Contoh kodenya seperti:
digitalWrite(13, HIGH);              //untuk memberikan 5V (nyala)  kepada pin 13.
digitalWrite(13, LOW);              //untuk memberikan 0V (mati) kepada pin 13.
analogWrite(3, 225);                //untuk memberikan nilai 225 (setara dengan 5V) kepada pin 3.

Adapun untuk menampilkan nilai pada sebuah sensor di Serial Monitor, bisa menggunaka:
Serial.print(namasensor); //menampilkan nilai sensor yang disimpan di variabel nama sensor

Untuk menampilkan teks, bis menggunakan:
Serial.print("Selamat Datang"); //menampilkan teks Selamat Datang pada Serial Monitor

Dan untuk membuka Serial Monitor sendiri pada Arduino, bisa dengan memilih menu Tools kemudian pilih Serial Monitor. Atau dengan menekan kombinasi CTRL+SHIFT+M di keyboard. Atau bisa juga dengan meng-klik ikon Kaca Pembesar di Arduino, seperti gambar dibawah ini:


- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

 MARI BAHAS LEBIH DETAIL LAGI!
 
CATATAN PADA PROGRAM
Kamu bisa membuat catatan pada program dan tidak akan dibaca oleh Arduino, dengan cara mengetikan // kemudian mengetikan catatannya, seperti:
void loop() {

  // catatan pada baris ini tidak akan dibaca oleh program
}

Tapi pemakaian tanda // hanya berfungsi untuk catatan satu baris saja, jika kamu ingin membuat catatan yang panjang yaitu berupa paragraf. Maka pertama kamu ketikan /* lalu ketikan catatan kamu, dan jika sudah selesai tutup dengan kode */ . Contohnya seperti:
void loop() {

  /* apapun yang kamu mau ketikan disini tidak
     akan dibaca oleh program
     sepanjang apapun kamu mengetiknya
   */


}

KURUNG KURAWAL {}

Digunakan untuk menentukan awal dan akhir dari program. Karena seperti bahasa pemrograman pada umumnya, Arduino membaca mulai dari atas hingga kebawah.
void loop()
{
....program
....program
....program
}

TITIK KOMA ;
Setiap baris kode pada Arduino harus diakhiri dengan tanda ;
void setup(){
pinMode(13, OUTPUT);
}

void loop(){
digitalWrite(13, HIGH);
}

VARIABLES
Variabel adalah kode program yang digunakan untuk menyimpan suatu nilai pada sebuah nama. Yang biasa digunakan diantaranya adalah Integer, Long, Boolean, Float, Character.

int (integer)
Variabel yang paling sering digunakan dan dapat menyimpan data sebesar 2 bytes (16 bits).

long (long)
Biasa digunakan jika nilai datanya lebih besar dari integer. Menggunakan 4 bytes (32 bits).

boolean (boolean)
Variabel yang hanya menyimpan nila TRUE dan FALSE saja. Hanya menggunakan 1 bit saja ;)

float(float)
Digunakan untuk floating point pada nilai decimal. Memory yang digunakan 4 bytes (32 bits).

char(character)
Menyimpan character berdasarkan ASCII kode (contoh: 'A'=65). Menggunakan 1 byte (8 bits).

OPERATOR MATEMATIKA

Digunakan untuk memanipulasi nilai dengan perhitungan matematika sederhana seperti: penjumlahan, pengurangan, sama dengan, dan sebagainya.

=      (sama dengan) (contoh  x=10*2 (x sekarang jadi 20))
%    (persentase) (contoh 12%10 (hasilnya yaitu 2))
+      (penambahan)
-       (pengurangan)
*       (perkalian)
/        (pembagian)

OPERATOR PERBANDINGAN

Digunakan untuk melakukan perbandingan secara logika.

== (sama dengan) contoh: 15 == 10 FALSE atau 15 == 15 TRUE
!=  (tidak sama dengan) contoh: 15 != 10 TRUE atau 15 != 15 FALSE
<   (lebih kecil dari) contoh: 15 < 10 FALSE  atau 12 < 14 TRUE
>   (lebih besar dari) contoh: 15 > 19 TRUE atau 15 > 10 FALSE

STRUKTUR PENGENDALI

Program yang digunakan untuk menentukan sebuah kondisi, dan jika kondisinya sudah terpenuhi maka akan melaksanakan perintah yang sudah ditentukan. Dan saat tidak memenuhi kondisinya juga ada perintah yang dilaksanakan oleh Arduino.

if(kondisi A)
{
  Kode Perintah A
}
else if(kondisi B)
{
  Kode Perintah B
}
else
{
  Kode Perintah C
}

Pertama Arduino akan lihat Kondisi A. Jika terpenuhi, maka akan melaksanakan Kode Perintah A.
Tapi jika TIDAK, Arduino akan lihat Kondisi B. Jika terpenuhi, maka akan melaksanakan Kode Perintah B.
Tapi jika TIDAK juga, maka Arduino akan melaksanakan Kode Perintah C.
for(int i = 0; i < #repeats; i++)
{
  Kode Perintah
}

Kode diatas digunakan saat kita ingin mengulangi kode atau nilai dalam beberapa kali. Penjelasan detailnya nanti akan dibahas ketika mencoba membuat projek, biar lebih mudah dipahami, OK. ;)

KODE DIGITAL
Digunakan untuk pemrograman yang menggunakan Pin Digital pada Arduino.
pinMode( pin, mode);

Kode diatas digunakan untuk seting mode pin. Pin adalah nomer pin yang akan digunakan, kalo kamu pake Arduino Uno, pin Digitalnya dari 0-13. dan mode sendiri bisa berupa INPUT atau OUTPUT.

Contoh:
pinMode(13, OUTPUT);    // artinya pin 13 digunakan sebagai OUTPUT
pinMode(7, INPUT);         // artinya pin 7 digunakan sebagai INPUT

Dan seperti yang sudah saya bilang untuk kode pinMode itu ada didalam void setup.
digitalRead(pin);

Kode diatas digunakan pin INPUT, untuk membaca nilai sensor yang ada pada pin. Dan nilainya hanya terbatas pada 1 (TRUE), atau 0 (FALSE).

Contoh:
digitalRead(13);     // artinya kode akan membaca nilai sensor pada pin 13

Kode digitalRead kita masukan dalam void loop.
digitalWrite(pin, nilai);

Kode diatas digunakan untuk pin OUTPUT yang sudah kita seting apakah akan diberikan HIGH (+5V), atau LOW (Ground).

Contoh:
digitalWrite(13, HIGH);    // artinya pin 13 kita diberi tegangan +5V
digitalWrite(13, LOW);    // artinya pin 13 kita diberi tegangan 0 / Ground

Dan untuk kode digitalWrite tentu saja kita masukan dalam void loop.
analogWrite(pin, nilai);

Meskipun Arduino adalah perangkat digital, tapi kita masih bisa menggunakan fungsi Analognya pada pin Digital Arduino. Tapi hanya beberap pin saja, yang biasa kita sebut PWM (Pulse With Modulation). Pada Arduino Uno memiliki 6 pin PWM, yaitu: 3,5,6,9, 10, dan 11.

Dengan begini nilai yang dihasilkan menjadi bervariasi dari 0-225, itu setara dengan 0-5V.

Contoh:
analogWrite(3, 150);    // artinya pin 3 diberikan nilai sebesar 150

Dan untuk kode analogWrite juga kita masukan dalam void loop.

KODE ANALOG 
Kode analog ini digunakan ketika ingin menggunakan pin Analog pada Arduino. Untuk Arduino Uno pin Analog dari A0-A5. Dan karena ini pin Analog maka hanya bisa kita gunakan sebagai INPUT saja. Dan juga tidak perlu menulis pinMode pada void setup.
analogRead(pin);

Kode diatas digunakan untuk membaca nilai pada sensor Analog. Yaitu antara 0-1024.

Contoh:
analogRead(A0);     // artinya kode akan membaca nilai sensor pada pin AO.

CATATAN: Kode dalam Arduino adalah Case Sensitive. Maksudnya penggunaan huruf kecil atau huruf besar sangat berpengaruh.

Senin, 13 Juni 2016

TEKNIK LISTRIK  MATERI BATRAI





1. Sebutkan dua macam batrai.........
2. Batrai AA mempunyai tegangan .......
3. Sebutkan bagian-bagian batrai kering 1,5 V .....
4. Pada batrai basah (aki), terdapat tulisan low level dan hight level merupakan batas . . .
5. Sebutkan perbedaan batrai kering dan batrai basah (AKI)....
6. Batrai kering 12 V, terdapat tulisan MF, artinya ......
7. Sebutkan keuntungan - batrai kering .........
8. Setiap sel batrai pada dasarnya dirangkai secara . . .
9. Sebutkan 4 bahan pembuat batrai . . .
10. Sebutkan 4 macam ukuran batrai 1,5 V . . .



Jawaban ditulis dengan Judull Materi Batrai Teknik Listrik dan dikirim ke email difadabms@yahoo.co.id, jangan lupa tulis nama, kelas!

Kamis, 19 Mei 2016

Pentingnya Memperhatikan Anak KITA............!!!

Kisah Inspiratif...........




Suatu ketika hari yang ditunggu-tunggu bagi siswa, karena hati itu adalah pembagian catatan hasil belajar selama satu semester, ya pembagian buku RAPOT, karena menginginkan adanya komunikasi dengan orang tua siswa/wali maka sekolahpun mewajibkan orang tua wali yang mengambil buku Raport.
Kalau sekolah favorit, tentunya yang mengambilkan banyak yang menggunakan mobil pribadi sampai kendaraan mewah lainya. Pada hari itu sebagai seorang walikelas tentunya menginginkan pembagian secara bersama dan diputuskan jam 09.00 pagi, ternyata salah satu orang tua siswa belum berangkat, akhirnya ditunggu beberapa saat, ternyata penantiannya pun membuahkan hasil, orang tua siswa yang ditunggu pun akhirnya datang, walaupun tidak sama dengan orang tua siswa yang lainnya, orang tua siswa ini terlihat masih menggunakan pakaian kerja sebagai tukang bangunan. tapi ternyata putranya bapak tukang bangunan itulah yang menjadi siswa teladan dan memperoleh predikat  terbaik, akhirnya orang tua siswa tadi dipersilahkan untuk membagikan pengalamannya kenapa putranya bisa menjadi yang terbaik.
dengan bahasa seadanya, beliaupun mulai menyapa seisi kelas, " assalamu'alaikum, nuwunsewu kulo niki namung tiyang kode bangunan, alhamdulillah putra kulo saged rengking, mboten kulo sing ngajari namung saking bapak lan ibu, guru dados matur nuwun bapak lan ibu guru. nek teng griyo bade sinau kulo selalu ngancani teng sampingipun,"
(Assalamu'alaikum, mohon maaf saya mempunyai pekerjaan kuli bangunan, alhamdulillah anak saya bisa berprestasi, tidak saya yang membelajari tapi bapak dan ibu guru, jadi terimakasih kepada bapak dan ibu guru. Kalau dirumah mau belajar saya selalu nemani aak saya disampingnya.
Masya Alloh........hanya menyempatkan menemani anak belajarpun siswa menjadi berprestasi, apalagi kalau kita mau membantu, bagaimana dengan kita sebagai orang tua?? semoga kita dapat menjadi orang tua yang bertanggungjawab. amin.....................



Selasa, 03 Mei 2016








Nikmati kemudahan menyaksikan display kualitas prima dengan EZcast M2, 3in1 Miracast, Airplay and DLNA HDMI WIFI Display Receiver Dongle yang satu ini. Ezcast menawarkan WiFi adapter yang dapat menampilkan display berkualitas HDMI. Anda dapat menyetel DLNA, Miracast, hingga Airplay melalui tablet maupun ponsel tanpa dipersulit kabel.  

Mudah Digunakan
Perangkat adapter ini begitu mudah digunakan. Anda dapat langsung menghubungkannya ke televisi ataupun proyektor melalui slot HDMI saja dan sambungkan ke tablet/ponsel/komputer Anda; dan tampilan kualitas HD dapat segera Anda nikmati.

Optimalisasi Streaming
Perangkat EZcast kali ini hadir berbasiskan Android 4.2 Jelly Bean. OS ini memungkinkan optimalisasi koneksi saat streaming hingga menghasilkan kualitas audio-visual yang jernih dan tajam layaknya perangkat aslinya.

Kualitas Video HD
Kualitas sambungan terbaik menghasilkan kualitas display dan suara terbaik pula. Putar video Full HD di TV melalui EZcast M2 dari ponsel Anda dan dapatkan display yang jernih dengan warna yang tajam layaknya video aslinya. Dengan kualitas Video HD, manjakan mata Anda dengan display yang menawan.

Tanpa Ribet
Adapter sambungan ini sangat praktis dan nyaman. Perangkat yang bebas dari kabel membuat Anda dapat memutar video di monitor dengan mudah tanpa terikat panjang kabel. Cukup biarkan ponsel cerdas atau pun tablet yang melakukannya untuk Anda!

Senin, 25 Mei 2015

INDONESIA ORIGINAL


The new innovation ...... ..Made in Nations Children INDONESIA ORIGINAL .................. .

Seeing the reality of the field, where many street crossings only modest use of traffic signs , it is unthinkable to make innovation traficlight remote control cars , traffic lights and which can be moved by remote control .



Kamis, 19 Maret 2015

Diagram Alir

Membuat Flowcart atau Diagram Alir

Flowchart atau diagram alir merupakan sebuah diagram dengan simbol-simbol grafis yang menyatakan aliran algoritma atau proses yang menampilkan langkah-langkah yang disimbolkan dalam bentuk kotak, beserta urutannya dengan menghubungkan masing masing langkah tersebut menggunakan tanda panah. Diagram ini bisa memberi solusi selangkah demi selangkah untuk penyelesaian masalah yang ada di dalam proses atau algoritma tersebut.

Simbol-Simbol

Gambar berikut adalah simbol flowchart yang umum digunakan.

Gambar
Simbol untuk
Keterangan
Proses / Langkah
Menyatakan kegiatan yang akan ditampilkan dalam diagram alir.
Titik Keputusan
Proses / Langkah dimana perlu adanya keputusan atau adanya kondisi tertentu. Di titik ini selalu ada dua keluaran untuk melanjutkan aliran kondisi yang berbeda.
Masukan / Keluaran Data
Digunakan untuk mewakili data masuk, atau data keluar.
Terminasi
Menunjukkan awal atau akhir sebuah proses.
Garis alir
Menunjukkan arah aliran proses atau algoritma.
Kontrol / Inspeksi
Menunjukkan proses / langkah dimana ada inspeksi atau pengontrolan.


Difada, Mitra Sukses Meraih Masa Depan Lebih Baik

SEKOLAH KEDINASAN

Pengertian Sekolah Kedinasan Hal pertama yang perlu kamu ketahui bahwa sekolah kedinasan, sekolah ikatan dinas, dan perguruan tinggi kedinas...